INI DIA! 7 HIKMAH MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH                                                                   Haji dan Umroh merupakan salah satu ibadah yang telah di syariatkan Allah SWT kepada hamba-Nya ,lalu hikmah apa saja yang dapat anda terima setelah melaksanakan ibadah haji dan umroh?

(1) Menghidupkan Hakikat Persaudaraan Islam
Tempat bertemunya seluruh umat islam di dunia adalah tanah suci Makkah dan Madinah. Karena ada pengaruh dari berbeda bahasa, budaya dan juga gaya, maka jika di Baitullah semua jamaah akan menyatu.

(2) Memperlihatkan Persamaan Umat Islam
Di Arafah, Mina, melempar jumrah, dan tawaf hampir tidak diketahui mana jamaah yang kaya dan miskin, yang mana tuan dan pembantu, semua telah terendam dalam satu ruh, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencari ridha-Nya.

Haji dan umroh juga mengingatkan awal dilahirkannya manusia dari dalam perut ibunya, dan semua manusia sama. Begitu pula ketika hari akhir, para manusia akan di bangkitkan oleh Allah dalam keadaan yang sama.

(3) Sebagai Pengingat Napas Tilas Dari Nabi Dan Rasul
Ibadah haji itu mengandung peristiwa-peristiwa penting, ketika umat islam di Baitullah, maka akan teringat kisah Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Merekalah yang membangung Baitullah.

Ketika berada di bukit Shafa dan Marwa, anda akan teringat kisah ibu Hajar as, yang berusaha mencari air untuk anaknya, Ismail.

Di Mina ketika melempar jumrah, maka anda akan mengingat nabi Ibrahim as, melawan setan dengan melemparinya kerikil agar setan tidak mengganggu proses beribadah Nabi Ibrahim as yang akan menyembelih Ismail, atas perintah Allah SWT.

(4) Orang Fakir Mendapat Rezeki Atas Keberkahan Musim Haji
Hal ini merupakan salah satu doa Nabi Ibrahim as yang telah di kabulkan oleh Allah SWT, seperti yang terdapat pada Q.S Ibrahim :37 yang artinya “Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Rabb kami (yang demikian itu), agar mereka mendirikan shalat, maka jadikan hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rizekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur”.

(5) Menghilangkan Dosa
Rasulullah SAW bersabda yang artinya “siapa yang melaksanakan ibadah haji, dia tidak melakukan perbuatan-perbuatan maksiat dan tidak pula mengeluarkan kata-kata yang kotor, maka ia akan kembali ke negri asalnya tanpa dosa, sebagaimana ia telah dilahirkan ibunya pertama kali “(HR BUKHARI, MUSLIM, AN-NASAI, IBNU MAJAH dan TIRMIDZI).

Hadist tersebut merupakan salah satu bukti, bahwa dengan anda pergi haji dan umroh, InshaAllah akan menghilangkan dosa-dosa anda.

(6) Mempertebal Rasa Kesabaran
Selama menjalankan ibadah haji, para jamaah akan merasakan betapa berat perjuangan yang harus dihadapi untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT.

(7) Rasa Syukur
Setelah menjalankan ibadah haji maupun umroh dapat menimbulkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya atas segala karunia Allah kepada hamba-Nya.

Itulah beberapa hikmat yang dapat di petik setelah anda melaksanakan ibadah haji maupun umroh, semoga bermanfaat;)

Categories: 2019Umroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *