Menjalankan ibadah haji atau umroh adalah impian semua orang yang beragama islam di seluruh dunia ini, terutama di Indonesia. Jarak antara Indonesia dan Arab Saudi sangat jauh, yaitu 7911,45 km. Serta dapat memakan waktu 8-15 jam. Dan itu di tempuh menggunakan transportasi pesawat. Kini saya akan membagikan beberapa tips untuk anda, Tips Aman Naik Pesawat bagi anda yang akan berangkat haji ata umroh.

Jaman dulu para calon jamaah lebih banyak mengunakan transportasi kapal laut, dan waktu yang di tempuh bisa sampai berbulan-bulan. Namun, sekarang jamannya sudah modern, maka para calon jamaah dan biro-biro travel umroh lebih memilih menggunakan pesawat.

Karena lamanya para calon jamaah berada di dalam pesawat, tentunya akan terasa membosankan dan terkadang tidak nyaman. Oleh karena itu saya akan membagikan tips aman di pesawat untuk jamaah haji atau umroh.

(1) Bawalah barang-barang secukupnya atau juga seperlunya saja ke kabin pesawat.
(2) Gunakan waktu tidur secukupnya, agar tubuh tetap fit, karena jija kebanyakan tidur, maka badan akan terasa lemas.
(3) Bawalah pakaian berlapis, kareba suhu dalam pesawat bisa berganti-ganti
(4) Bawalah kaus kaki dan sepatu, agar kaki lebih terasa nyaman. Kaus kaki menjaga kehangatan kaki anda, sedangkan sepatu dapat mempermudah perjalanan anda. Jika pakai sandal, bisa saja terlepas di tengah jalan.
(5) Hindari minuman berkafein, cukup minum air putih saja atau jus buah.
(6) Selalu gunakan sabuk pengaman, baik dalam keadaan duduk ataupun tidur.
(7) Jangan menahan BAK selama di pesawat, karena menahan BAK berbahaya bagi tubuh anda.

Sebagai umat muslim beragama, Islam mewajibkan shalat 5 waktu, lalu bagaimana cara shalat di pesawat.
Anda dapat melakukan jama’ qhasar, seperti yang dijelaskan dalam QS An Nisa ayat 101 yang artinya ” Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqhasar shalat(mu), jika kamu takut di Serang orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu musuh yang nyata bagimu.

Biasanya dalam pesawat sudah di sediakan tempat untuk menjalankan ibadah shalat wajib.
Itulah cara aman di pesawat untuk jamaah haji atau umroh. Semoga bermanfaat 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *