5 MANFAAT MANASIK HAJI YANG HARUS ADA KETAHUI

Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji, sesuai dengan rukun-rukun yang ada dalam kegiatan beribadah haji dengan menggunakan miniatur ka’bah, dan kegiatan manasik haji ini dilakukan sebelum para jamaah berangkat haji ke tanah suci.

Selain itu, hal-hal yang dilakukan saat manasik haji adalah belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan proses ibadah lainnya dengan kondisi yang di buat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Sejarah Manasik haji pertama dilakukan oleh Rasulullah SAW, saat itu pada tahun 10 H atau 632 M, pada awal bulan syawal, Rasulullah mengumumkan bahwa beliau sendiri yang akan memimpin haji dan mengajarkan tata cara haji.

Kabar ini di sambut hangat oleh para penduduk, mereka senang karena berkesempatan mendampingi Rasulullah SAW dan menyaksikan langsung setiap langkah beliau dalam melakukan manasik haji.

Pada waktu itu, Rasulullah SAW berangkat dari Madinah sesudah melakukan shalat jum’at pada tanggal 25 dzulqa’dah atau 21 februari dengan mengendarai unta yang bernama Qashwa yang diikuti kurang lebih 30.000 jamaah.

Tujuan dilakukannya manasik haji adalah untuk memberikan bekal tentang penyelenggaraan ibadah haji, memberikan keterampilan dan kemampuan tentang melaksanakan ibadah haji yang sesuai dengan buku manasik haji, dan memberikan pengetahuan kemampuan tata cara kesehatan begitu juga keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji, serta memberikan informasi, gambaran situasi dan kondisi yang mungkin terjadi di tanah suci.

Dilakukannya manasik haji ini memiliki beberapa manfaat.

(1) Calon jamaah dapat mengetahui doa-doa dari mulai berangkat hingga pulang.
(2) Calon jamaah haji dapat memahami mana yang wajib, sunnah, rukun dan haram dalam pelaksanaan ibadah haji.
(3) Calon jamaah haji dapat mengetahui gambaran kondisi di tanah suci.
(4) Para calon jamaah haji dapat saling mengenal satu sama lain, agar dapat saling membantu nantinya.
(5) Calon jamaah akan di ajarkan bahasa Arab, untuk berinteraksi jika berada di tanah suci.

Maka dari itu, manasik haji dapat di anggap penting bagi para calon jamaah, agar nantinya tidak kebingungan dalam melaksanakan ibadah haji. Dan itulah penjelasan tentang sejarah manasik haji, tujuan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat 🙂

Ingin Daftar Haji tanpa perlu menunggu bertahun-tahun? Check Disini>>

Categories: 2019Haji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *