Bicara tentang jalan-jalan, Pasti nya tidak lupa dengan agenda yang satu ini yaitu belanja or shopping. Dari kalangan tua, muda, bapak-bapak atau ibu-ibu, setiap kali melancong ke suatu tempat atau suatu negara pasti mencari tempat belanja yang paling terkenal di Tempat tersebut. Jangan bilang tidak karena mustahil jika anda melancong ke suatu negara tak membawa benda khas di negara yang anda kunjungi.

Nah jika anda pergi melancong ke Turkey ini dia tempat belanja paling Favorite di kalangan seluruh umat di dunia yang mampir ke negara istimewa ini.  Arasta bazaar yaitu sebuah pasar tradisional kecil yang terletak di belakang masjid biru atau Blue Mosque, disisi utara torun street, di Istanbul Turki.  Pasar sederhana ini dibangun pada abad ke 17 oleh para pejabat ottoman, mozaik  yang ada di sekitar pasar ini menggambarkan bahwa wilayah ini dulunya adalah milik dari istana bizantium.

Saat berada di lingkungan pasar ini anda dapat mengunjungi museum mosaic istana besar yang berada di bawah arasta bazaar. Pendapatan sewa dari pasar ini digunakan untuk membiayai pemeliharaan masjid biru yang ada di sekitar arasata bazaar.

Diadalam arasta bazaar terdapat banyak toko – toko yang menawarkan berbagai macam kerajinan tangan yang klasik dan souvenir untuk para turis seperti karpet, perhiasan, barang – barang dari kulit, syal dan lain sebagainya. Arasta bazaar juga sangat terkenal dengan perhiasan, tembikar, rempah – rempah, tekstil dan karpetnya yang bagus – bagus. Didalam arasta bazaar terdapat 70 toko atau lebih yang buka setiap hari senin sampai hari sabtu mulai pukul 09:00 sampai 19:00 dan ada beberapa toko yang buka di hari minggu.

Arasta bazaar memang tidak sebesar grand bazaar akan tetapi pasar ini tak kalah menariknya dengan grand bazaar.  Apabila anda berkunjung ke arasta bazaar anda dapat menikmati lingkungan yang masih sangat bernuansa  dengan tempo dulu serta sangat nyaman untuk anda melakukan aktifitas belanja karena arasta bazaar tidak seramai grand bazaar jadi anda tidak mengalami berdesak – desakan dengan para pengunjung yang lainnya.

Di Arasta bazaar juga menawarkan harga yang tidak terlalu mahal dan anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah apabila anda bisa menawarnya. Pasar ini juga lebih dekat dengan masjid biru hanya membutuhkan waktu 5 – 7 menit , arasta bazzar juga menyediakan jajaran café shop dan restoran – restoran yang menjadi kesatuan dengan arasta bazaar. Arasta bazaar juga sangat bersih dan banyak memajang karpet – karpet khas turki yang dapat memanjakan mata anda apabila anda melihatnya.

Nah itulah beberapa ulasan tentang arasta bazaar, jadi pabila ana berkunjung ke turki tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi  arasta bazaar ini.

Jika anda ingin Pergi Ibadah Umroh sambil mampir jalan – jalan ke Turkey mengunjungi Arasta Bazaar? tentu bisa check disini>>


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *