JANNATUL BAQI’

Jannatul Baqi’ adalah pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi, berseberangan dengan Masjid Nabawi dimana Nabi Muhammad SAW di kuburkan. Jannatul Baqi’ berarti taman surga, yang juga dikenal dengan nama Baqi’ al-Gharqad atau Makam Baqi.

Baqi’ berarti tanah di mana akar pohon yang berbeda di tanam dan al-Gharqat adalah nama dari sebuah pohon berduri yang berlimpah di Baqi’. Di pemakaman ini banyak terdapat keluarga serta sahabat Nabi Muhammad SAW yang dikuburkan. Riwayat menyebutkan bahwa Nabi melakukan do’a setiap kali beliau melewati pemakanan.



Pemakaman ini menjadi salah satu pemakanan termasyhur dalam sejarah islam, mengingat banyak orang dekat Nabi Muhammad SAW. Di sana terdapat 10 ribu orang keluarga dan sahabat Nabi, sehingga pemakaman ini sangat dimuliakan.

Kompleks pemakaman ini terdiri dari tanah yang lembut dan tidak berbatu-batu. Pemakaman ini memiliki luas sekitar 138 meter persegi. Disekitarnya dibangun pagar tembok dengan jeruji besi yang tinggi.

Pemakaman ini dibuka setelah subuh sampai jam 9 waktu sana lalu di tutup, kemudian dibuka kembali setelah Ashar hingga menjelang waktu Magrib, lalu di tutup kembali.

Jamaah haji atau umrah yang meninggal di sana biasanya di makamkan di Jannatul Baqi’, namun jika ingin dibawa pulang juga diperbolehkan.

Nafi meriwayatkan dari Ibnu Umar, Nabi SAW bersabda “siapa yang mampu meninggal di Madinah, hendaklah dia meninggal di Madinah, Sesungguhnya aku akan memberi syafaat bagi siapa saja yang meninggal di sana. ” ( HR. Ahmad)

Dulunya Jannatul Baqi’ adalah kebun dengan banyak pepohonan berduri. Namun, karena kaum muslimin ingin sekali di kuburkan di Baqi’, mereka pun menebang pepohonan di sana untuk dijadikan pemakaman.

Orang pertama yang di makamkan di Jannatul Baqi’ adalah As’ad bin Zararah. Sahabat Anshar yang meninggal tak lama setelah Nabi hijrah ke Madinah.

Inilah beberapa tokoh islam yang di kubur di Jannatul Baqi’ :
(1) Istri Rasulullah SAW
– Aisyah
– Hafshah
– Saelah

(2) Anak perempuan Rasulullah SAW
– Fatimah Az-zahra
– Ruqayyah
– Zainab
– Ummi Kultsum

(3) Anak Rasulullah SAW dari Mariatul Qibthiyah
– Ibrahim

(4) Cucu Rasulullah SAW
– Hasan bin Ali

(5) Cicit Rasulullah SAW
– Ali bin Husain

(6) Paman Rasulullah SAW
– Abbas bin Abdul Munththalib

(7) Bibi Rasulullah SAW
– Safiyah
– Aatikah

(8) Khalifah ketiga dan menantu Rasulullah SAW
– Utsman bin Affan

(9) Ibu susu Rasulullah SAW
– Halimatus Sa’diyah

(10) Sahabat Rasulullah SAW
– Sa’ad bin Abi Waqqas
– Abdurrahman bin Auf
– Abdullah bin Mas’ud
– Abu Sa’id Khudri
– Imam Malik

Itulah beberapa tokoh yang di makamkan di Jannatul Baqi’. Bagi mereka yang di kuburkan di sana, Jannatul Baqi’ memiliki keutamaan.

(1) Yang di makamkan di Baqi’ akan di bangkitkan pertama di padang Mahsyar.
Rasulullah SAW bersabda “aku adalah orang pertama yang akan mengeluarkan dari kiamat, dan aku adalah orang pertama yang akan di bangkitkan. Aku, Abu Bakar ra dan Umar rakeluar menuju pemakaman Baqi’, kemudian mereka semua di bangkitkan, lalu penduduk Makkah. Kemudian segala sesuatu yang berhubungan dengan dua tanah Haram Makkah dan Madinah”. (HR. Tirmidzi).

(2) 70.000 dari penghuni Jannatul Baqi’ di bangkitkan dan masuk surga tanpa hisab.
Rasulullah SAW bersabda “barang siapa yang mati di salah satu dua kota suci (Makkah dan Madinah) maka kelak dia akan di bangkitkan dalam keadaan aman pada hari kiamat

Inilah penjelasan tentang Jannatul Baqi’ atau Makam Baqi’, semoga bermanfaat:)

Bagi Anda yang ingin Melihat Makam Baqi, Yuk Umroh plus menambah keimanan dengan merenungi perjuangan saudara kita yang terdahulu dengan paket umroh super hemat dan pelayanan prima bersama kami. Cek Kli Disini>>

Terlihat Makan Baqi dari bagian Luar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *