INILAH 5 FAKTA AIR ZAM ZAM & NAMA LAIN AIR ZAM ZAM

Seluruh muslim di dunia yang pernah berkunjung ke tanah suci, tentunya tidak asing dengan keberadaan air zam zam. Air zam zam ini sangat melimpah ruah, ketika anda berada di tanah suci, anda dapat menikmati air ini sepuasnya. Karena keberadaan air zam zam ini hanya berada di tanah suci, maka air zam zam patut di bahas agar anda mengetahui tentang sejarah dan fakta air zam zam.

Zam zam dalam bahasa arab berarti banyak, melimpah ruah. Air zam zam di anggap sebagai air suci bagi umat islam. Letak sumur air zam zam berada di kawasan Masjidil Haram di sebelah tenggara Ka’bah dengan kedalaman 42 meter. Banyak para jamaah haji dan umrah membawa air zam zam pulang sebagai bentuk oleh-oleh.

“Air zam zam penuh berkah, ia merupakan makanan yang mengenyangkan dan bisa menjadi obat bagi penyakit ” HR MUSLIM.

Air zam zam bermula dari kisah Siti Hajar dan putranya Ismail yang ditinggal oleh suaminya Nabi Ibrahim as di sebuah padang tandus. Nabi Ibrahim as meninggalkan istri dan putranya karena ada perintah dari Allah SWT, namun sebelum meninggalkan istri dan putranya, Nabi Ibrahim as menyiapkan kantong yang berisi air dan kurma untuk bekal Hajar dan Ismail. Dan mereka pergi ke tempat yang tidak dihuni orang.

Saat Hajar mengatakan iti, Nabi Ibrahim as tidak menoleh sedikitpun. Hingga Hajar mengatakan kepada Nabi, jika itu perintah Allah wujudkan, saat itu Nabi mengiyakan lalu meninggalkan mereka.

Beberapa hari setelah di tinggal Nabi Ibrahim as, pembekalan mereka pun telah habis, akhirnya Ismail menangis karena kehausan dan Hajar pun merasa cemas, ia pergi mencari air. Hajar pun berlari menuju bukit yang berada di dekatnya yaitu bukit Shafa dan Marwah, lalu mencari lembah di sekitarnya, sampai Hajar berlari bolak balik 7 kali di bukit Shafa dan Marwah sambil meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Atas kehendak Allah SWT melewati Malaikat Jibril, terjadilah Ismail menghentakkan kakinya ke tanah, lalu terpancarlah mata air dan mata air ini yang sampai sekarang di kenal sebagai air zam zam.

Setelah Nabi Ibrahim as pulang, ia bersujud syukur kepada Allah kemudian membangun Baitullah dan menjadikan tempat tersebut sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT.

Air zam zam sangat melimpah airnya, ia dapat di sedot sebanyak 11-18,5 liter perdetik. Air zam zam memiliki nama nama Arab seperti
1. Syaba’ah (mengenyangkan)
2. ‘Afiyah (sehat)
3. Murwiyah (penyegar)
4. Nafi’ah (bermanfaat)
5. Maimunah (berkah)
6. Barrah (memiliki kebaikan)
7. Madhmunah (berkah)
8. Kafiyah (mencukupi)
9. Syifa’ Saqamin (menyembuhkan penyakit)
10. Mu’zihab (mencegah rasa dahaga)
11. Tha’manu Tha’min (mengenyangkan)
12. Hazmatu Jibril (injakan tumit malaikat Jibril)
13. Maghfuroh (pengampunan)

Selain itu, air zam zam juga memiliki beberapa fakta menarik
1. Air zam zam tidak pernah surut.
Air zam zam ini berada di padang yang tandus. Namun, meskipun diambil ratusan liter perharinya, air zam zam tidak habis meskipun tidak ada hujan.

2. Kandungan mineral dalam air zam zam.
Air zam zam terlihat seperti air putih biasa, namun jika dilihat dari kandungan mineral nya ,air zam zam jauh lebih unggul.

3. Kemurnian air zam zam.
a) Air zam zam melalui proses penyaringan secara alami yang unik, yakni melalui bebatuan dan gurun pasir yang berlapis-lapis.

b) Air zam zam bebas dari kontaminasi kuman karena lingkungan terjaga alami.

c) Sumber mata air zam zam secara alami mengalir, tanpa bantuan mesin pensuplai air.

4. Keajaiban air zam zam di mata ilmuan.
Bukti keajaiban air zam zam tidak hanya sebatas kata-kata, namun juga dilakukan juga oleh para ilmuan, dan mereka terkejut dengan hasil yang ditemukan, karena air zam zam merupakan air yang sangat Bagus.

5. Menyembuhkan penyakit.
Air suci ini mampu menyembuhkan penyakit di tubuh manusia, Rasulullah SAW pernah menggunakan air ini untuk menyembuhkan penyakit, itulah kenapa para jamaah banyak membawa pulang untuk keluarganya.

Itulah sejarah dan fakta tentang air zam zam, semoga bermanfaat 🙂

Anda Ingin Mendapatkan air zam zam gratis? yuk Check disini>>

 


1 Comment

dodi · August 4, 2019 at 11:11 am

umroh promo http://tazkiyahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *