INI DIA 5 WAKTU TERBAK UNTUK IBADAH UMROH

Ibadah umroh dapat di lakukan kapan saja, tidak seperti haji, yang hanya dapat dilakukan setahun sekali. Oleh sebab itu, banyak para calon jamaah yang lebih memilih untuk melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu dari pada ibadah haji.

Untuk waktu tunggu keberangkatan, biasanya ibadah haji dapat terlaksanakan setelah 6- belasan tahun mendaftar, namun jika umroh biasanya hanya memakan waktu sekitar 1-3 bulan saja.

Namun, banyak para calon jamaah yang merasa bingung, kapan waktu yang pas untuk berangkat ke tanah suci. Oleh sebab itu, di sini saya akan membagikan tentang waktu terbaik untuk berangkat umroh. ini dia!

(1) Bulan Ramadhan
Melaksanakan ibadah umroh pada bulan suci Ramadhan itu menjadi waktu favorit bagi para calon jamaah. Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah bersabda yang artinya
” Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu, karena umroh Ramadhan senilai dengan haji” (HR. Buhkari dan Muslim).

Karena banyaknya para calon jamaah untuk berangkat umroh pada bulan Ramadhan, anda sebaiknya memesan tiket jauh-jauh hari, karena di takutkan kuotanya telah terpenuhi.

(2) Bulan Desember
Umroh di bulan Desember ini juga termasuk waktu terbaik untuk ibadah umroh tanpa kesulitan sama sekali, karena musim Haji dan bulan Ramadhan telah terlewati, maka akan terbebas dari kondisi yang penuh sesak. Umroh dibulan ini biasa disebut juga Umroh Akhir Tahun.

(3) Bulan Maret-Mei
Arab Saudi memiliki dua musim yang kontras, yaitu musim panas sekitar bulan maret – agustus dan musim dingin sekitar bulan september – februari. Saat Puncak musim panas, suhu di tanah suci bisa mencapai 45°C, sedangkan saat musim dingin suhu bisa turun hingga -3°C. Jadi saya sarankan untuk memilih umroh hemat di bulan Maret – Mei.

(4) Awal Tahun
Anda sebagaipara calon jamaah juga dapat memilih berangkat ke tanah suci pada awal tahun. Tujuannya agar pada awal tahun para calon jamaah dapat mengawalinya dengan hal-hal yang bermanfaat dan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

(5) Liburan Sekolah
Untuk anda yang memiliki anak kecil dan tidak tega untuk meninggalkannya, namun masih ada jadwal itu sekolah sebaiknya anda berangkat ke tanah suci ketika liburan, selain bisa berangkat bersama, berangkat ke tanah suci ketika liburan juga tidak akan menghambat proses pembelajaran anak anda di sekolah.

Nah, itu lah beberapa wakti terbaik yang patut anda terapkan, semoga bermanfaat 🙂

Sumber :
1. https://www.google.com/url?sa=i&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiiud3jg6TfAhVFMo8KHfU1C9YQzPwBegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fumrohhajiwisata.com%2F7-waktu-yang-tepat-untuk-berangkat-umroh%2F&psig=AOvVaw3xD6LEYA5MmMSTGpdqEJfs&ust=1545038690443919
2. https://m.dream.co.id/travel/umroh/inilah-waktu-terbaik-melakukan-perjalanan-umrah-1603016.html
3. http://amicaletravel.com/2018/01/10/memilih-waktu-terbaik-untuk-umrah/
4. https://www.cheria-travel.com/2011/09/tips-memilih-waktu-terbaik-untuk-umrah.html?m=1

Categories: MakkahTipsUmroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *