MEMPERINGATI KELAHIRAN RASULULLAH

Seluruh umat islam yang berada di muka bumi ini pasti mengenal sosok yang sangat mulia ini, sesosok yang tidak bisa di samakan dengan siapapun. Dan beliau adalah manusia yang paling mulia di antara milyaran manusia, Nabi besar Muhammad SAW.

Rasulullah SAW dilahirkan ibu Aminah binti Wahab sang istri dari bapak Abdulllah bin Abdul Muthalib, pada tanggal 12 rabiul awwal tahun 570 M atau disebut tahun gajah. Beliau dilahirkan di Makkah, dengan nama Muhammad bin Abdullah, dan beliau keturunan dari bangsa arab.

Abdullah bin Abu Muthalib sang bapak telah wafat sebelum 6 bulan Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Sebagai tradisi bangsa Quraisy, Muhammad kecil di asuh oleh Halimah binti Dzuab As-Sa’diyah hingga berumur 2 tahun.

Setelah 3 tahun disusui oleh Halimah binti Dzuab As-Sa’diyah, beliau dijemput oleh ibu Aminah dan di bawa ke Madinah, dan di Madinah beliau di asuh oleh Ummu Aiman.

Ketika berumur 6 tahun, Nabi di tinggalkan oleh ibunya karena sakit, dan beliau menjadi yatim piatu. Setelah itu Nabi di asuh kakeknya Abdul Muthalib, setelah kakeknya meninggal, di gantikan oleh pamannya Abu Thalib.

Beranjak dewasa, Nabi mulai bekerja sebagai pedagang bersama pamannya ke negri Syam (Suriyah), ketika rombongan pedagang Abu Thalib berada di kota Basrah, bertemu dengan seorang pendeta Nasrani yang bernama buhaira. Pendeta tersebut memberi tahu kepada Abu Thalib bahwa keponakannya ini (Nabi Muhammad) memiliki tanda-tanda kenabian dan pendeta tersebut berpesan kepada Abu Thalib agar senantiasa menjaga Muhammad, karena kelak dia akan menjadi Rasul terakhir.

Sejak usia muda, Nabi Muhammad SAW di juluki sebagai Al-Amin karena beliau adalah sesosok yang dipercaya. Karena gelar ini Khadijah binti Khuwailid yang merupakan sesosok saudagar kaya ingin memperkerjakan Muhammad, dan setelah di rekrut Khadijah sangat terkesan ketika Nabi Muhammad SAE membawa keuntungan yang bekali lipat.

Akhirnya mereka sering bersama dan jatuh Cinta, saat itu Khadijah berumur 40 tahun dan berstatus janda, sedangkan Nabi Muhammad SAW berumur 25 tahun. Namun, dengan status jandanya, nabi tidak keberatan untuk menikahi Khadijah.

Diriwayatkan dalam usia 40 tahun, Nabi Muhammad SAW didatangi oleh Malaikat Jibril, dan beliau mendapat Wahyu pertama yang berada di surah Al-Alaq ayat 1-4 yang artinya:
(1) Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan.
(2) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
(3) Bacalah, dan tuhanmulah yang maha mulia.
(4) Yang mengajar (manusia) dengan pena.

Dengan diturunkan Wahyu tersebut Muhammad telah resmi menjadi seorang Nabi dan Rasul. Pertama kali berdakwah, beliau melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Kemudian, setelah 3 tahun menjalankan dakwah secara terang-terangan dan ini adalah perintah dari Allah lewat surah Al-Hijr ayat 94 yang artinya “maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musrik”.

Pada tahun kesebelasan Nabi, Abi Thalib dan sang istri Khadijah wafat, karena Nabi bersedih, Allah mengutus Malaikat Jibril untuk mendampingi nabi melakukan perjalanan isra’ mi’raj, isra’ adalah perjalanan Nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, sedangkan mi’raj adalah perjalanan Nabi dari Masjidil Haram ke langit ke 7, di sana beliau mendapat perintah agar shalat 5 waktu seperti yang dikerjakan oleh seluruh umat islam.

Langkah Rasulullah SAW dalam memperluaskan ajaran agama islam ialah hijrah ke Madinah, karena Nabi ingin menyebarluaskan ke seluruh Jazirah Arab. Kemudian hijrah ke kota Yastrib, pada tahun 622 M.

Nabi Muhammad SAW memiliki anak yang berjumlah 7 orang, 3 laki-laki dan 4 perempuan. Mereka adalah Al Qasim, Zainab, Riqaiyah, Fatimah Az Zahra, Ummu Kultsum, Abdullah, dan Ibrahim.

Kemudian Nabi wafat pada bulan juni 632 M atau tanggal 12 Rabiul awal tahun 11 Hijriyah, dalam usia 63 tahun karena sakit demam yang dideritanya. Dan nabi mendapatkan mukjizat yang beruba Al-qur’an.

Demikianlah kisah Nabi yang mulia, semoga kita semua senantiasa mengingat baginda Nabi Muhammad SAW.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *