Istanbul tidak pernah kehabisan akan pesona indahnya, dikota ini terdapat banyak bangunan yang menjadi saksi kejayaan umat islam pada masanya. Salah satu bangunan yang menjadi saksi dari kejayaan islam pada masanya yaitu Hagia Shopia, apabila anda mengunjungi turki tanpa mengunjungi hagia shopia tentu akan terasa tidak lengkap.

Hagia shopia merupakan sebuah bangunan yang menjadi saksi dari sejarah peradaban dan merupakan simbol kejayaan pada masa Byzantium .  Hagia shopia merupakan bangunan gereja basilica yang dibangun pada tahun 360 M dan terbakar pada tahun  404 M  pada saat terjadi pemberontakan di konstatinopel (istanbul). Hagia shopia dibuka kembali pada pemerintahan Theodosius II .

Sebelum hagia shopia dikuasai oleh roma pada tahun 1204-1261 gereja ini masih digunakan oleh orang-orang Kristen ortodoks untuk ibadah mereka. Setelah dikuasai oleh Roma, relief-relief  suci kaum Kristen ortodoks dipindahkan dan diganti dengan patung-patung keagamaan Kristen katolik roma, pada saat dikuasai oleh roma gereja ini merupakan gereja terbesar yang ada didunia.

Konstatinopel yang terkenal dengan kekuatan bentengnya yang tidak dapat ditembus oleh siapapun pada akhirnya dapat ditahlukkan oleh sultan al fatih atau lebih dikenal dengan sultan mahmet II dari bangsa Ustmani pada 29 mei 1453 dan sejak saat itu pula kekuasaan penuh terhadap hagia shopia dipegang oleh banga utsmani. Kemudian sultan mahmet mengelontorkan dana yang sangat banyak untuk mengubah hagia shopia menjadi sebuah masjid, akan tetapi  untuk menghargai bangunan dari bangsa terdahulu patung – patung bunda maria dan lainnya masih dibiarkan.

Sejak berakhirnya pemerintahan utsmani pada tahun 1923 dan berganti menjadi republic turki yang dipimpin oleh Mustafa kemal Ataturk hagia Sophia berganti menjadi sebuah museum yang terbuka untuk umum. Saat memasuki museum ini anda akan merasakan nuansa dua agama yang menjadi satu karena mozaik-mozaik lambang agama Kristen yang tadinya ditutup telah dibuka kembali itulah yang menjadikan hagia shopia seperti dua bangunan yang menjadi satu.

Jadi untuk anda yang mengunjungi turki maka sempatkanlah untuk mengunjungi tempat ini karena ini merupakan bangunan yang menjadi saksi dari sejarah peradaban islam.

Atau anda ingin Pergi Ibadah Umroh sambil mampir jalan – jalan ke Turkey mengunjungi Hagia Shopia? tentu bisa check disini>>


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *