Turki merupakan Negara yang menyimpan banyak sejarah tentang pengembangan islam didunia, bagi anda yang ingin mengetahui bangunan-bangunan sejarah yang ada di turki anda dapat mengunjungi topkapi palace tempat ini menyuguhkan banyak sejarah tentang islam pada zaman terdahulu dan dapat mengingatkan anda bahwa islam pernah sangat berjaya. Inilah beberapa ulasan tentang topkapi palace, Baca sampai selesai ya karena seru banget sejarahnya.!

Sejarah pembangunan topkapi palace berawal dari saat sultan mahmed II berhasil menaklukan konstatinopel pada tahun 1453. Kemudian sultan mahmed memerintahkan untuk membagun sebuah istana yang dapat digunakan sebagai kediaman resmi keluarga kesultanan sekaligus sebagai pusat pemerintahan. Maka pada tahun 1459 memulai pembangunan istana topkapi di mulai.

Pada masa dinasti usmaniyah istana ini Berjaya dalam kurun waktu hamper 4 abad (1465-1856). Tercatat sebanyak 24 sultan pernah tinggal diistana ini. Istana topkapi merupakan istana yang menjadi saksi besar atas kejayaan islam pada masa kekhalifahan ustmaniyah. Pada saat dibawah pemerintahan dinasti utsmaniyah wilayah kekuasaan ini meliputi Eropa tenggara, asia barat dan afrika utara. Kemudian pada masa pemerintahan sultan abdul majid memutuskan untuk meninggalkan istana topkapi dan berpindah ke istana baru yang beraksiktektur eropa bernama istana Dolmabahce palace.

Topkapi palace terletak di pinggir selat bosphorus yang terletak tidak jauh dari Hagia Shopia. Topkapi palace merupakan saksi kejayaan kesultanan turki, dalam sejarah setelah kesultanan mahmet II menaklukan konstatinopel topkapi palace dijadikan pusat pemerintahan turki sekaligus istana peninggalan turki ustmani dan tempat tinggal sultan usmaniyah. Didalam tembok benteng terdapat bangunan yang disediakan untuk tempat tinggal raja dan bangunan topkapi palace pernah dihuni sekitar 4000 orang yang tinggal dibangunan-bangunan kecil dan terdapat 4 lapangan utama.

Topkapi palace memiliki luas sekita 700.000 M2 karena memiliki bangunan yang sangat luas istana ini semat dinobatkan sebagai istanan terluas kedua setelah istana Versailles yang ada di prancis. Tempat ini dikeliligi benteng sepanjang 5 km, lalu didalamnya terdapat sebuah bangunan ynag memiliki 20 cerobong asap yang konon katanya tempat itu adalah dapur kerajaan, dapur tersebut dibuat pada abad 15. Dikoridor bangunan ini terdapat prasasti-prasasti yang bertuliskan bahasa arab, prasasti tersebut merupakan peninggalan istana.

Keistemawaan dari topkapi palace adalah apabila anda mengunjungi tempat ini maka anda akan disuguhkan oleh bangunan-bangunan dengan keindahan seni yang menggambarkan kesultanan pada zaman dahulu, keramik disini memiliki motif yang indah, kaligrafi-kaligrafi yang menghiasi dinding ruangan serta atap-atap bangunan yang dipenuhi dengan ornament-ornamen kaligrafi semua pemandangan tersebut akan memanjakan mata setiap orang yang mengunjungi tempat ini.

Nah itulah beberapa ulasan tentang istana topkapi palace. Jika anda ingin Pergi Ibadah Umroh sambil mampir jalan – jalan ke Turkey mengunjungi Topkapi Palace? tentu bisa! untuk informasi check disini>>

Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *