Turki memang terkenal dengan keindahan arsitektur dari kotanya yang sangat menakjubkan dan membuat para wisatawan ingin mengunjungi Negara ini. Banyak tempat-tempat yang dapat anda kunjungi saat anda berkunjung ke turki salah satunya adalah sogukcesme street, berikut beberapa tentang sogukcesme street, simak terus ya.

Sogukcesme street merupakan sebuah jalanan kecil dengan rumah – rumah bersejarah yang berada di lingkungan sultan ahmet di Istanbul, turki. Jalanan ini terletak diantara hagia shopia dan istana topkapi, jalanan ini hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki dan tidak diperkenankan untuk mobil. Nama jalan ini diambil dari air mancur yang terbuat dari marmer yang terdapat disekitar daerah tersebut.

Dijalanan ini terdapat beberapa rumah yang bersejarah peningglan bangsa ottoman yang sekarang telah dilengkapi dengan keindahan bunga dan aroma yang sangat menyegarkan. Bagi anda yang melewati jalanan ini anda akan dapat merasakan suasana pada zaman dahulu karena dijalan ini tidak ada kebisingan mobil dan dipenuhi dengan lingkungan yang penuh dengan bangunan-bangunan terdahulu.  Anda juga dapat merasakan nuansa berada di dunia hobbits di lord of the rings karena lingkungan ini dilengkapi dengan nuansa pemandangan yang tenang dan keheningan seperti berada ditanah perawan pada film hobbits.

Pada saat ini rumah-rumah yang berada disekitar lingkungan jalan ini di jadikan sebagai tempat kedai minuman atau cafe. Pada abad ke 19 semua rumah yang ada dijalan ini diperbaiki dengan model arsitektur turki yang konvensional. Ciri lain yang tak kalah khas  dari jalan ini yaitu  apabila anda melewati jalanan ini anda dapat menemukan banyak jenis buku – buku yang unik  dan ribuan buku yang mendefinisikan tentang sejarah panjang kota Istanbul sepanjang berbagai zaman sejarah.

Pada suatu waktu terutama saat periode ottoman  ada banyak anggota dari istana topkapi yang tinggal di lingkungan ini seperti presiden turki ke enam yaitu fahri sabit koruturk yang lahir di tempat ini karenan ayahnya yang bekerja di istana topkapi.  Sogukcesme street juga sering menjadi tuan rumah bagi orang – orang terkenal seperti Roman Polanski ( sutradara hebat), Sam Neill( seorang aktor), Hilary Swank (Akrtis amerika), Ursula Anders ( seorang aktor) dan seorang pangerand ari yunani dan spanyol.

Nah itulah beberapa ulasan tentang sogukcesme street yang sangat menarik untuk anda kunjungi saat anda sedang berlibur ke turki.

Jika anda ingin Pergi Ibadah Umroh sambil mampir jalan – jalan ke Turkey mengunjungi sogukcesme street? tentu bisa check disini>>


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *