Bagi anda yang akan mengunjungi Negara Turkey anda harus mengunjugi Blue Mosque karena tempat ini menyimpan berbagai macam sejarah tentang islam, Berikut sejarah tentang bule Mosque. Yuk baca sampai tuntas ya…

Blue mosque merupakan masjid terbesar yang ada di Turkey. Blue mosque atau masjid biru ini didirikan antara tahun 1609 dan 16161 atas pemerintahan sultan ahmed I.  Beliau mempercayakan pembangunan masjid biru ini kepada arsitek yang bernama Sadhefar Mahmet Aga, Beliau juga berpesan agar dalam pembangunan masjid ini tidak perlu menghemat biaya karena ini untuk membangun tempat peribadahan umat islam yang sangat besar dan indah.

Menurut sebuah informasi  Sultan ahmed menginginkan sebuah menara yang terbuat dari emas, namun terjadi kesalah pahaman antara sultan ahmed dan sang arsitektur karena dalam bahasa turki “alti” memiliki dua arti yaitu emas dan enam, sang arsitek memahami dalam kata enam maka jadilah didalam masjid biru ini terdapat 6 tiang yang sangat menakjubkan. Pembangunan masjid ini memerlukan waktu 7 tahun atau dikabarkan selesai pada tahun 1616.

Sultan ahmed wafat pada saat berumur 27 tahun atau tepat satu tahun setelah selesai pembangunan masjid biru ini, kemudian dimakamkan dihalaman masjid ini berserta dengan istri dan putranya. Majid biru ini dibangun oleh sultan ahmed untuk menandingi Hagia Shopia (kebijakan suci) buatan kaisar byzantine constatinopel. Dahulu bangunan ini adalah sebuah gereja byzantine sebelum jatuh ke daulah turkey ottoman (Utsman) pada tahun 1453 M.

Masjid biru ini masih tetap difungsikan sebagai masjid hinga saat ini, dan disekitar masjid juga dibangun sekolah, istana peristarahatan bagi para sultan, tempat pemandian, air mancur, rumah sakit, serta kamar-kamar yang disewakan.

Masjid ini dapat menampung 10 hingga 10 ribu jamaah atau lebih. Masjid ini merupakan destinasi wisata di turkey yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, namun pada saat jam sholat turis dilarang masuk kedalamnya. Apabila ingin memasuki masjid ini anda juga harus memakai pakaian yang sopan dengan memakai jibab untuk para wanita.

Nah itulah sedikit tentang bangunan paling bersejarah Blue Mosque, so bagi anda yang mengunjungi turkey sempatkanlah untuk mengunjungi masjid ini.

Jika anda ingin Pergi Ibadah Umroh sambil mampir jalan – jalan ke Turkey mengunjungi Blue Mosque? tentu bisa check disini>>


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *