Jika anda membahas tentang keindahan kita Istanbul Turkey yang ada di turki tidak akan pernah habis karena begitu banyak tempat – tempat wisata yang dapat anda kunjungi saat berada di Negara turki ini. Salah satunya yaitu Basilica cistern, simak terus tentang basilica cistern karena akan ada banyak banget legenda uniknya.

Basilica cistern atau lebih dikenal dengan sebutan yerebatan sarnici oleh warga turki namun bagi warga seluruh dunia lebih mengenal dengan sebutan basilica caistern.  Tempat ini merupakan struktur bawah tanah yang merupakan peninggalan bersejarah yang memiliki arsitektur yang menarik dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Banyak orang yang menyebit bangunan ini adalah sebuah istana yang tenggelam padahal faktanya tempat ini adalah sebuah tempat penampungan air yang berukuran raksasa yang dibangun untuk istana Byzantium. Bangunan ini terletak dibawah tanah kota Istanbul, apabila dilihat dari luar bangunan ini terlihat sangat sederhana karena sebagian besar arsitekturnya terletak dibawah tanah tersebut.

Basilica cistern didirikan dibawah kepemimpinan kaisar Konstantin dan diperluas pada masa pemerintahan kaisar justinianus.  Sebelum dijadikan tempat penyimpanan air bersih istana tempat ini berfungsi sebagai tempat pertemuan dan pusat kesenian seluas dua lapangan sepak bola, didirikan atas perintah dari kaisar justinianus, disana biasa digunakan oleh kaisar justinianus untuk mengadakan rapat membahas permasalahan hukum dan dagang dengan para pejabatnya.

Kemudian kaisar justinianus memerintahkan kembali untuk merombak basilica cistern untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan air bersih untuk istana dan bangunan – bangunan disekitarnya. Basilica cistern ini dapat menampung hingga 100.000 ton air bersih. Setelah kekaisaran ottoman menguasai turki basilica cistern masih menyuplai air bersih untuk istana topkapi.

Basilica cistern ditemukan kembali oleh sejarawan petrus gylius pada tahun 1545 ketika Istanbul masih menjadi bagian dari konstatinopel. Namun tempat ini belum dapat dikunjungi karena dipenuhi dengan banyak sampah, mayat dan lumpur. Setelah upaya pembersihan pada tahun 1980 an , kini basilica cistern menjadi objek wisata yang sejarah terbaik yang ada di Istanbul.

Daya tarik utama dari basilica cistern adalah 336 pilar marmer yang menyangga struktur bangunan tersebut. Beberapa pilar dihiasi dengan ukiran kepala medusa, sang gorgon yang diputar.  Lantainya yang selalu tergenang air dan dihuni oleh ikan karper dan bagian samping difungsikan sebagai kafe untuk para wisatawan.

Itulah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh basilica cistern yang dapat anda kunjungi saat anda berkunjung ke turki.

Jika anda ingin Pergi Ibadah Umroh sambil mampir jalan – jalan ke Turkey mengunjungi tempat unik ini? tentu bisa check disini>>


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *